Pengertian Dalam Perkantoran

Pengertian-pengertian dalam pengantar perkantoran

  • Kantor

Sedarmayanti :

“Tempat diselenggaraknnya proses penanganan informasi mulai dari menerima, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, sampai menyalurkan informasi”.

Brian Elkner :

“Kantor adalah sarana yang memungkinkan kekuatan-kekuatan produksi dan kekuatan konsumsi dengan setiap pesanan”.

Kamus Besar Bahasa Indonesia :

“Balai, Gedung, Rumah atau ruangan tempat tulis menulis atau mengurus suatu pekerjaan perusahaan”.

Segi Statis :

“tempat, gedung,ruangan yang digunakan untuk melakukanpekerjaan tulis menulis dan di lengkapi fasilitas penunjang”.

Segi Dinamis :

“Kegiatan yang dilaksanakan dalam suatu tempat untuk menghimpun, mencatat, mengelola. Mengadakan, mengirim dan menyimpan berbagai informasi yang di perlukan”.

  • Administrasi

W.H Evans :

“Merupakan fungsi yang menyangkut manajemen dan pengarahan semua tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan komunikasi dan ingatan”.

Arthur Greger :

“Merupakan fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat dari suatu organisasi”.

Wiliam Leffingnei dan Edwin Robinson :

“Merupakan cabang ilmu managemenyang berkenaan dengan pelaksanan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan dan dimana itu akan diselesaikan”.

George Terry :

“Merupakan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta mengerakan mereka yang melaksanakan agar tercapai tujuan yang telah ditetapkan”.

  • Kesekretariasan
    Perkataan sekretaris berasal dari bahasa latin Secretarius, yang berarti orang atau penjabat yang diberi kepercayaan untuk memegang urusan yang bersifat rahasia, sedangkan kantor tempat sekretaris itu bekerja disebut Secretariatus.
  • Sekretariat

Sedarmayanti :

“Merupakan satuan organisasi yang melaksanakan rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan kantor dan bantuan lainnya yang dilaksanakan sebagai kegiatan penunjang agar tujuan organisasi dapat di capat dengan lebih lancer”.

“Bagian dari organisasi yang menangani pekerjaan dan urusan yang menjadi tugas sekretaris”.

  • Tata Usaha

The Liang Gie :

“Segenap rangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengolah, mengadakan, mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam setiap usasha kerja sama”.

  • Administrasi kantor  adalah keseluruhan kegiatan penataan yang berhubungan dengan pelaksanaan tatausaha sebuah organisasi agar proses tersebut mampu menyediakan informasi yang bermakna bagi proses pembuatan keputusan.
  • Manajemen kantor adalah aktivitas mengelola dan membuat keputusan.

J.C. Denyer :

“Office management is the directing and controlling of an office in order to achieve its specified purpose in the most economical way “Manajemen perkantoran adalah pengarahan dan pengawasan sebuah kantor untuk mencapai tujuannya yang khusus dengan cara yang sehemat-hematnya”.

GR Terry :

“Office management can be defined as the planning, controlling, organizing of fice work and actuating those performing it so as to achieve the determined objectives “Manajemen kantor dapat dirumuskan sebagai perencanaan pengawasan, pengorganisasian pekerjaan kantor serta menggerakkan mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu”

Littlefield dan Peterson :

The term office management will be used in such a broad sense in this book; it will be considered to encompass the management of office work wherever and by whom ever performed. “Istilah manajemen perkantoran akan dipergunakan dalam arti luas demikian dalam buku ini; manajemen perkantoran akan dianggap meliputi manajemen daripada pekerjaan kantor dimanapun dan oleh siapapun dilakukan.”

Edwin Robinson :

“Manajemen Perkantoran berkenaan dengan pengarahan dan pengawasan pekerjaan perkantoran”.

Mills :

“Manajemen kantor adalah seni membimbing personel katnor dalam menggunakan sarana yang sesuai dengan lingkungan demi mencapai tujuannya yang sudah ditentukan”.

  • Pengorganisasian Perkantoran Ialah menyusun bagaian-bagian kantor sehingga seluruh pekrjaan merupakan sebuah tubuh teritegarasi.
  • ARSIP
    Pengarsipan adalah proses penyusunan dan penyimpanan warkat asli, atau salinan sehingga dapat ditemukan dengan mudah jika diperlukan.

Tinggalkan komentar